Saturday, February 8, 2014

Book Review: Tips Menjadi Wanita Paling Bahagia di Dunia by Dr. Aidh Abdullah al-Qarni, M.A.

Bismillah...

Assalamualaikum...

Hi, how are you? Hope everything's fine. I'm back with book review as I want to give a good book recommendation for muslim women who are suffering never ending sadness or misery (like me). Okay, the book that I owe is a translation version in Bahasa Indonesia. So, which language should I use now? I've ever heard most muslim women here in Indonesia unfortunately can't understand English (I believe all moslemah are smart), but I want to spread the information to all around the world so everyone in every part of the world can read and understand what I'm saying. Ahh...it's so confusing... -_- Okay, to make it fair, I'll use both languages, Bahasa and English. Please bear with me, ladies... ;)

Tips Menjadi Wanita Paling Bahagia di Dunia by Dr. Aidh Abdullah al-Qarni, M.A.

The book is entitled Tips Menjadi Wanita Paling Bahagia di Dunia (original title is As'adu-Imroatin fil 'Alam) written by Dr. Aidh Abdullah al-Qarni, M.A. who wrote the best-seller book La Tahzan Don't be Sad. Have you ever read La Tahzan? Whoah, it's such a pricey heavy bold book and addressed to men and women. Here, the book that I want to review is specifically directed to women, thus the title is Tips How to be the Happiest Women in the World.

As we all know, wanita diciptakan dengan perasaan yang sensitif. Mungkin dari sudut pandang pria, wanita dilihat sebagai makhluk yang sangat complicated dan ga mudah ditebak. Bagi pria yang ga mengenal tabiat wanita pasti akan banyak mengeluh dan kesal. Itulah wanita, fitrahnya lembut namun sensitif dan sedikit rapuh.

Am I the only one? Saya sebagai wanita pun kadang ga habis pikir dengan perasaan saya yang sering labil. Saya mudah sekali sedih walau tanpa sebab yang pasti. Tahu-tahu saya menangis, pikiran saya campur aduk sehingga ada banyak hal yang saya tangisi namun there's no the exact reason why I cry. Dan saya termasuk wanita yang sering menangis, seolah menangis sudah menjadi semacam hobi.

Kita wanita ga diciptakan hanya menjadi wanita. Kita ditakdirkan sebagai wanita, istri, dan ibu, maka kaum wanita sering disebut multitasking karena banyaknya peran yang kita kerjakan. Terlebih jika kita mendapat cobaan dan ujian, di luar kita tampak tangguh namun dalamnya begitu rapuh... Terlebih-lebih lagi...bila dihadapkan pada masalah cinta dan asmara... Ahhh...I just can't stand for it...

Therefore, this book by Dr. Aidh Abdullah al-Qarni, M.A. exists to help us the women to face and go through hard times, sadness, and misery, moreover if there's no one who can console, comfort, and understand us. I bought this book in 2010 and re-read the book anytime I need 'something' that chills this heart. Okay, let's dig the book deeper...

Let's read the book! ^_^

Buku ini bertema perhiasan. Setiap chapternya diberi judul berbagai macam perhiasan seperti emas, permata, mutiara, dsb. Kenapa? Karena wanita merupakan perhiasan dunia.

"Dunia itu perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah." (HR. Ahmad)

Dan setiap chapter dibagi dalam beberapa sub-chapter. Yang saya suka dari buku ini adalah content tiap sub-chapter dibuat hanya 1-2 halaman. Dengan buku setebal itu, bagi kutu buku, mungkin buku ini bisa selesai dalam waktu 1 atau 2 hari. Content yang singkat, padat, dan jelas tiap sub-chapter-lah yang membuat buku ini sangat mudah untuk dipahami dan diresapi. Coba bayangkan kalau seandainya isi buku ini dibuat memanjang seperti sebuah essay? Memusingkan... Lihat tulisannya pun sudah pusing mungkin... Hehe...

Isi buku

Di tiap sub-chapter pun ada potongan ayat al Quran yang sesuai dengan tujuan utama buku ini, membuat para wanita bangkit dari keterpurukannya dalam sedih. Lalu ada banyak kata-kata bijak yang juga memotivasi kita para pembaca bahwa akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan, dan selalu ada Allah yang menemani dan menolong. Penulis memberi banyak cerita-cerita inspirasi bagi kita wanita dari berbagai macam figur universally. Pokoknya buku ini banyak mengajarkan hal secara Islami. Oh iya, sebelum lupa, layout buku ini juga "cewe" sekali. Harganya lumayan terjangkau tapi kertasnya tebal dan kelihatan ga murahan.

Berikut ini salah satu isi dari buku "mujarab" ini. It's so true!

---

Kata-kata berikut ini merupakan nasihat seorang wanita muslimah asal Jerman. Dia berkata, "Jangan sekali-kali terpesona dengan gaya kebarat-baratan, baik berbentuk pemikiran maupun mode. Semua itu adalah tipuan yang menjauhkan kita dari agama ini secara berangsur-angsur hingga mereka merampas kekayaan kita. Islam, dengan sistem kekeluargaannya merupakan sistem yang cocok dengan wanita, karena tabiat seorang wanita adalah senang tinggal dan menetap di rumah. Dan kalian pasti bertanya, 'Kenapa?' Sebab Allah telah menciptakan laki-laki lebih kuat daripada wanita dalam soal kegigihan, kecerdasan, dan kekuatan fisiknya."

"Wanita telah diciptakan dengan bekal tabiat kelembutan, perasaan yang sensitif, dan tidak memiliki kekuatan jasmani sebagaimana yang dimiliki laki-laki. Sampai batas tertentu wanita sering meledak-ledak emosinya dan cepat berubah perasaannya. Oleh karena itu, rumah adalah tempatnya yang paling tentram dan aman. Wanita yang mencintai suami dan anak-anaknya tidak akan meninggalkan rumah tanpa kepentingan yang mendesak, dan ia tidak senang bercampur baur dengan laki-laki. Seseungguhnya 99 persen wanita Barat telah mengalami dekadensi moral yang sangat berat, dan itu terjadi setelah mereka menjual dirinya, serta tidak takutnya mereka kepada Allah sedikitpun."

---

Buku ini benar-benar bagus dan cocok untuk dibaca para kaum wanita. Saya sendiri banyak belajar dari buku ini, bagaimana kita mendekatkan diri pada Allah Taala, bagaimana kita bersikap sebagai muslimah yang syar'i, bagaimana kita taat pada suami, dsb. Maka dari itu, ini buku yang pantas untuk dijadikan kado maupun hadiah bagi muslimah lainnya.


That's the review, hope you enjoy girls... I don't know whether this book is still available in bookstore or not, but if you are book worm like me, you must have read this hehehe... If you're not and haven't read it yet, I think there are more other good books for moslemah. I'm very sorry if my review doesn't meet your expectation, I was confused describing in Bahasa *arrogant lol~ Okay, see you on the next book review, pretty ukhti... :*

Wassalamualaikum...
 

♔ Pretty Petite Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop