Wednesday, March 25, 2015

Blurred Face

Assalamualaikum...

Buat kalian yang berteman sama aku di socmed, kalian pasti sering lihat foto-fotoku dengan muka diblur atau ditutup stiker. Pas lihat itu, apa yang ada di pikiran kalian? Hmm... mungkin, "Fotonya pas muka lagi jelek kali jadinya diblur atau ditutup." Dan kebanyakan orang memang berpikir foto dengan muka nggak ditampakkan itu karena salah foto. Padahal, alasannya bukan itu.

Apakah kalian tahu hukum foto dalam Islam? Karena aku bukan ustadzah yang ilmunya masih cetek, jadi aku pun nggak terlalu bisa menjelaskan secara detail hukumnya. Akan lebih baik kalau aku sadur penjelasannya dari sumber terpercaya.

---

HUKUM MEMAJANG FOTO

Tanya:
Apakah hukum foto dipajang di dinding rumah, seperti foto nikah, baju bergambar kartun atau manusia, dan boneka pajangan, apakah ini melanggar syariat Islam?

Jawab:
Dalam berbagai hadist dilarang bagi kita untuk memajang gambar makhluk bernyawa, diantaranya:
1) Hadits Jabir radhiallahu anhu dia berkata: "Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang adanya gambar di dalam rumah dan beliau melarang untuk membuat gambar." (HR. At-Tirmizi no. 1671 dan dia berkata, “Hadits hasan shahih.”) 

2) Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Para malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.” (HR. Muslim no. 5545) 

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata: “Gambar yang mesti dihapus adalah setiap gambar manusia atau hewan. Yang wajib dihapus adalah wajahnya saja. Jadi cukup menghapus wajahnya walaupun badannya masih tersisa. Sedangkan gambar pohon, batu, gunung, matahari, bulan dan bintang, maka ini gambar yang tidak mengapa dan tidak wajib dihapus. Adapun untuk gambar mata saja atau wajah saja (tanpa ada panca indera), maka ini tidaklah mengapa, karena seperti itu bukanlah gambar dan hanya bagian dari gambar, bukan gambar secara hakiki.” (Liqo’ Al Bab Al Maftuh, kaset no. 35). 

Boneka yang bentuk dan wujudnya tidak sempurna dan memiliki beberapa anggota tubuh dan kepala tetapi tidak jelas bentuknya, maka hal itu jelas diperbolehkan dan boneka-boneka seperti itulah yang dimainkan oleh Aisyah Radhiyallahu ‘anha (Fatawa Al Aqidah, hal 684-685).

Wallahualam bishawab

Sumber

---

Mungkin penjelasan di atas lebih masuk ke hukum foto, gambar, boneka, dan patung. Tapi tetap ada benang merahnya dengan hukum foto tanpa menampakkan wajah. Jadi, ukhtifillah sekalian, kalau ingin kita ingin terjaga dari fitnah (apalagi di dunia maya), lebih baik kalau upload foto di socmed yang nggak menampakkan wajah ya.

Seperti yang kita tahu, wajah wanita itu bisa mengundang perhatian laki-laki. Takutnya kalau diumbar di sembarang tempat misalnya socmed, bisa berdampak negatif seperti timbulnya fitnah. Bisa saja kan, tanpa kita sadari ada laki-laki yang menyimpan foto-foto selfie kita dan dipandangi terus-menerus? Belum lagi kalau ada pihak-pihak usil yang memanfaatkan foto wajah kita jadi foto yang nggak-nggak. Naudzubillah mindzalik...

Aku sendiri juga masih dalam tahap belajar buat nggak menampakkan muka kalau posting foto di IG atau social media lainnya. Jadi, jangan heran ya kalau ada fotoku yang kadang masih suka kelihatan wajahnya. Hehehe...

Yuk ukhtifillah sekalian, jaga kecantikan wajah kita dengan nggak posting foto selfie. Foto-foto sih boleh aja, tapi buat disimpen sendiri aja ya, jangan dibagi di dunia maya. Kalau mau foto OOTD juga boleh, asal mukanya jangan dilihatin.

Cantikku dikit. Kalau dibagi-bagi nantinya habis.

Sebagai referensi, ini dia fotoku yang diblur mukanya dan hanya menampilkan OOTD. Oh iya, kalau kamu nggak mau repot-repot ngeblur foto atau nutup pake stiker, kamu bisa crop bagian badan aja atau bergaya dengan wajah ditundukkan biar nggak kelihatan.

Khimar and dress by House of Nabilia
Wide shawl by House of Nabilia, dress by Rianti Store
Khimar by House of Nabilia

Berikut sedikit mengutip tulisan Ustadz Firanda Andirja, MA
Jika Anda menjaga kecantikanmu dan kemolekan tubuhmu hanya untuk suamimu, maka Anda kelak akan semakin canik dan semakin molek di surga Allah...
Akan tetapi jika Anda umbar kecantikanmu dan kemolekanmu, maka ingatlah itu semua akan sirna dan akan lebur di dalam liang lahat menjadi santapan cacing dan ulat... dan di akhirat kelak bisa berubah menjadi bahan bakar neraka jahannam!!

Semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat buat ukhtifillah yang mau lebih taat lagi dalam menjalankan syariat dan hukum Allah... :) Aku sendiri juga tergerak seperti ini karena awalnya lihat @angellafransisca sudah nggak menampakkan wajah cantiknya lagi di IG. Semoga kita bisa saling memotivasi dan menginspirasi ya ukh... :)
 

♔ Pretty Petite Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop