Sunday, October 25, 2015

Tips Foto Flat Lay

Assalamualaikum...

Belakangan ini aku lagi hobi banget foto flat lay buat update Instagram. Yang belum tau istilah flat lay, bisa coba search hashtag #flatlay di Instagram. Bisa dilihat, flat lay itu foto objek yang diletakkan di atas permukaan datar dan difoto dari atas. Lewat foto flat lay ini, kita bisa kasih tema tertentu. Misalnya, OOTD, essentials, dan masih banyak lagi. Nah, biar fotonya makin keren, harus ada properti seperti bunga atau pernak-pernik lucu lainnya. Permukaan datar yang bisa dipakai juga banyak, ada meja, kertas karton putih, atau yang lebih praktis alas foto flat lay beneran. 



Aku sendiri juga termasuk beginner dan belum bisa dapetin foto flat lay yang sempurna kayak para selebgram. Walau begitu, aku mau kasih tips buat kamu yang baru mau coba foto flat lay.

1. BACKGROUND

Alas yang paling bagus menurutku adalah putih karena masuk sama semua warna. Tapi kamu juga bisa bermain warna dan tekstur buat dijadikan background. Sekarang ini ada banyak banget alas foto yang dijual untuk memenuhi kebutuhan flat lay lho. Ada yang polos, shabby chic, sampai bulu-bulu. Kalau nggak mau repot bikin background sendiri, mending beli aja yang udah jadi.

Berikut pilihan online shop yang jual alas foto di Instagram:
@alasfoto
@alasfotolipat
@tokombaknurin_alasfotokatalog
@bliss.workshop



2. LIGHTING

Poin satu ini PENTING banget! Dengan cahaya yang bagus, maka hasil foto juga bagus meski pakai kamera jenis apapun. Dan cahaya terbaik adalah cahaya matahari. Menurutku, foto flat lay paling bagus adalah di antara jam 11 sampai 2 siang. Kenapa? Karena matahari lagi tepat di atas kepala, yang artinya sedikit kasih bayangan. Contoh kasus nih, kamar kamu menghadap ke Barat, kalau kamu fotonya jam 3-4, nanti kamu dapet sinar matahari kuning yang jadinya bikin foto nggak keliatan clean dan nanti bayangannya semakin deep. Get it?



3. PROPERTI

Sebenarnya ini selera aja sih. Ada orang yang suka tampilan clean dengan less objects, ada juga orang yang suka tampilan ramai. Aku sendiri tipe orang yang suka tampilan ramai. So, properties are a must! Biasanya aku kasih properti berupa bunga, peralatan kosmetik, dan boneka. Kamu bisa tambahkan properti lain kesukaanmu.



4. ARRANGEMENT

Ini juga sesuai selera aja. Biarpun begitu, penataan objek juga jadi faktor penting foto flat lay terlihat bagus atau nggak. Lihat angle-nya dari atas, apakah bagus atau berantakan. Kamu bisa cari-cari inspirasi penataan objek flat lay di Instagram kok.

5. EDITING

Yap, ini jadi finishing step untuk hasilkan foto flat lay yang keren. Pilih aplikasi edit foto favoritmu di hp, atur kontras dan brightness dan pilih filter yang kamu suka. Bakal lebih keren lagi kalau kamu bisa edit fotonya pakai Photoshop. Karena aku nggak bisa pakai, jadinya aku cuma pakai Photoscape aja. Hehehe...


Nah, gimana? Sebenarnya nggak susah kok. Cuman agak ribet aja kalau kamu nggak punya space khusus buat foto flat lay karena kamu harus bawa objek-objek dan peralatan foto ke spot itu. Walau gitu, foto flat lay itu asik banget lho. Kalau ada yang punya tips foto flat lay lagi, boleh banget share di sini. I'll glad to know!

Oke, itu dulu tips dari aku. Semoga membantu, ya! Ciaobella~~
 

♔ Pretty Petite Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop