Friday, February 26, 2016

Cerita di Balik Pengerjaan Majalah FIMELA

Assalamualaikum...

Alhamdulillah majalah FIMELA Vol.04 Batik issue is finally out! Yang belum familiar, let me tell you. FIMELA.com adalah online magazine, tapi FIMELA.com juga punya majalah cetak dan ini udah empat kali FIMELA nerbitin majalah. Kali ini, majalah FIMELA mengangkat tema batik yang diambil dari event tahunan FIMELAfest yang diselenggarain Oktober 2015 lalu dimana FIMELA secara perdana bikin fashion show batik bertajuk "Kembang Kirana".


Bicara soal majalah, ada banyak cerita di dalemnya, terutama dari team editorial. Setiap orang, entah itu editor, writer, atau artistik pasti punya ceritanya sendiri-sendiri pas bikin majalah ini. Aku sebagai writer, sekarang mau berbagi cerita di balik pengerjaan majalah FIMELA.


Well, konten majalah ini sebenernya udah mengalami banyak perubahan. Walau gitu, garis besarnya tetep sama: BATIK. Ya iyalah, hahahaha. Aku dapet jatah bikin artikel soal fakta dan mitos batik juga cara pakai batik yang benar. Aku mulai cari-cari bahan lewat interview sama tiga narasumber yang emang berkompeten dalam hal batik. Jujur, ini pengalaman pertama aku wawancarain narasumber buat jadi bahan artikel. Awkward? Udah pasti. Tapi aku belajar.


Habis artikelku jadi, ternyata ada beberapa hal yang harus diubah menurut ed-in-chief kami. Yang tadinya artikel ini harusnya berdiri sendiri, akhirnya berubah jadi bentuk trivia yang digabung sama artikel writer lain. Nggak cuma itu aja, aku juga disuruh nulis artikel advetorial. Boleh dibilang, semua artikel aku harus bolak-balik di-touch up karena harus nyesuain sama lay out-nya. Artikel yang udah jadi mau nggak mau harus dipotong atau dihilangin beberapa bagian. 


Dan pas pengerjaan majalah udah hampir jadi, masih ada aja yang perlu di-touch up dan ditambahin. Lagi, aku yang harus nambahin artikelnya. Pusing pala barbie kan..? Hahaha... Walau mata udah mulai keder karena bolak-balik revisi, tapi aku nggak ngeluh dan bahkan enjoy. Ya, itulah the power of passion. Hahaha.


Finally! Setelah drama sekian lama, akhirnya majalahnya jadiiii. Aaaaaaaak! Semua happy. Kerja keras dan keringet buat bikin majalah ini akhirnya kelihatan hasilnya. So what do you think of our cover? Menurut aku, KEREN banget! Yang ngaku cinta batik, pastinya harus beli majalah FIMELA. Pokoknya, pas liat isi majalah ini kamu bakal mikir batik itu wonderful banget. Nggak percaya? Sok atuh beli dan baca majalahnya. Hahaha.

Yang udah baca majalah FIMELA, boleh lho share kesan-kesannya di sini. Danke~~

No comments :

Post a Comment

Please leave comment, it would mean a lot to me :)
And I'd reply your comments asap.
Thanks for lovely feedback ♥

 

♔ Pretty Petite Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop